Selasa, 18 Desember 2018

Welding Engineer dan Welding Inspector ,Apa bedanya ?



Assalamualaikum wr. Wb
Salam Sejahtera

Halo guys,terima kasih untuk kembali mengunjungi blog ini,kali ini saya bakal bahas sedikit tentang apa itu welding engineer dan welding inspector,sekilas dari Namanya terlihat sama ya guys,namun sebenarnya mereka punya pekerjaan yang berbeda.nah kali ini kita juga bakal bahas kira-kira welding engineer itu ngapain dan welding inspector ngapain


·       WELDING ENGINEER
             
              Yang pertama adalah welding engineer,atau biasa disingkat (WE), Welding engineer ini adalah engineer atau insinyur yang bekerja dalam bidang pengelasan.Biasanya dalam kegiatan industry,pihak perusahaan menggunakan jasa welder ini untuk melakukan berbagai pengelasan material seperti pengelasan plat baja,generator pipa gas ataupun pipa minyak.
              Tapi menjadi seorang welder gabisa sembarangan guys,diperlukan nya ketekunan dan keahlian khusus,itulah mengapa biasanya pekerjaan welding ini dilakukan secara professional,dan yang pastinya untuk menjadi seorang professional welder ga gampang guys,banyak sertifikat yang ahris diperoleh guna membuktikan diri bahwa sesorang dapat dikatakan menjadi welder yang professional guys.
              Dalam pengujianya,seorang welder diharuskan untuk menunjukan ketepatan nya dalam melakukan pengelasan guys. Serangkaian pengujian untuk menjamin bahwa prototype sambungan las yg akan diproduksi benar-benar aman dan memenuhi suatu standar/code internasional (kenal khan sama ASME, ASTM, ato API). Oleh karena itu WPS harus dikualifikasi sebelum bisa digunakan. Cara mengkualifikasinya ya diuji pake dua metode, destructive test (DT) atau nondestructive test (NDT).



·       WELDING INSPECTOR
             
              Nah sekarnag kita ke yang satunya,yakni Welding Inspector, inspector ini berarti pengecek . Dapat disimpulkan bahwa seorang Welder inspector adalah seseorang yang bertugas mengecek kualitas dari hasil pengelasan guys,tak Cuma itu inspector juga harus tepat dalam memilih metode pengelasan yang nantinya akan digunakan seorang welder engineernya guys.
              Sebagai Welding Inspetor tugas yang harus dikuasai ialah sebagai berikut :

·       Material
              Sebagai welding inspector hal yang harus dipahami ialah pemahaman mengenai material. pemilihan material dan bahan material yang sesuai dengan standar yang ditentukan, atau sesuai dengan permintaan dari client, dikarenakan pengelasan ialah menyambungkan dua material.




·       Consumable
              sebelum dilakukan pengelasan welding inspector harus dapat menentukan consumable / elektroda / kawat las yang akan digunakan untuk proses pengelasan agar hasil kualitas pengelasan sesuai dengan standard yang di acu dan produk yang akan dibuat.

·       Welding Process
              adalah proses pengelasanya contohnya menggunakan GTAW atau SMAW atau bisa juga SAW yang tentunya ini ditentukan oleh seorang welding inspector, seorang welding inspector harus mampu memilih proses yang tepat untuk digunakan dalam proses pengelasan. Karena kesalahan proses yang digunakan akan bisa berakibat fatal terhadap kualitas lasan dan produk yang akan dibuat.

·       Heat treatment              
              adalah suatu proses pemanasan suatu material sebelum atau sesudah dilakukan pengelasan ini betujuan untuk mengurangi tingkat stress suatu material, didalam pengelasan dikenal 2 (dua) proses yaitu preheat dan post weld heat treatment (PWHT). Pre heat ialah proses pemanasan material sebelum dilakukan pengelasan sedangkan PWHT adalah proses pemanasan material setelah dilakukan pengelasan, tingginya temperature panas yang dipelukan harus sesuai dengan bahan material dan lasan dengan standard yang diacu

·                     Inspection
                             adalah proses pemeriksaan hasil lasan baik secara merusak (Destructive Test/DT) atau tidak merusak (Non Destructive Test/NDT). Seorang WI harus memahami dan ampu memilih jenis pemeriksaan yang tepat, item yang di-inspect apa saa, prosedur inspeksinya harus bagaimana, acceptance kriterianya seperti apa.

·       Drawing
              disini bukan masalah kemampuan bagaimana membuat gambarnya tetapi adalah kemampuan untuk membaca gambar kerja khususnya terkait dengan pengelasan. Seorang WI harus mampu membaca gambar, sehingga dapat mengetahui bentuk produk yang akan dibuat, seberapa besar dimensinya, dan kriteria-kriteria lainnya.

·       Reporting
              atau pelaporan merupakan aktivitas tuliskan apa yang dilakukan dan lakukan apa yang sudah ditulis. Aktivitas reporting ini mengandalkan keuletan atau kerajinan seorang WI, karena laporan ini merupakan evidence atau bukti mengenai progress pekerjaan.

·       Communication skill
              kemampuan berkomunikasi adalah hal yang sangat penting agar informasi yang disampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Selain kemampuan bahasa juga masalah seni dalam berkomunikasi.

(Sumber :KasKus)



              Nah itu dia guys garis besar definisi Welding Engineer dan Welding Inspector,jangan dikatakan Cuma mengelas ya guys,karna ternyata pekerjaan mereka sangatlah rumit dan ternyata.. sangat professional.Sekian Postingan saya kali ini,semoga bermanfaat,sukse terus,bye,

Wassalamualaikum wr. Wb

Sekian,Terima kasih

#KapSelUTS2018

sumber lain :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar